Selasa, 04 Agustus 2015

Harga & Nilai

Harga dan Nilai

Hari ini, saya mendapatkan artikel mengenai harga dan nilai dari keluarga saya. Berikut artikel yang saya dapatkan.

Filsuf Denmark Soren Kierkegaard menceritakan tentang sekelompok pencuri yang masuk ke sebuah toko perhiasan. Mereka tidak mencuri perhiasan tersebut tetapi menukarkan label harga dari perhiasan yang dijual. Esoknya, perhiasan yang sangat mahal dijual dengan harga sangat murah, sedangkan perhiasan murah dijual dengan harga selangit. Bukankah di zaman ini kita hidup seperti ini juga? Harga sesuatu dikacaukan dengan nilainya.

Orang dihargai tinggi sesuai dengan penampilan mereka, bukan dari nilai karakter orang tersebut. Calon bayi yang diduga cacad dengan mudahnya diaborsi dikarenakan harga yang akan dibayarkan orang tua untuk merawat bayi tersebut di masa yang akan datang akan sangat besar. Mereka tidak melihart dari nilai intrinsik yang tertanam dalam sebuah nyawa.

Orang bisa terpandang jika bisa masuk jejeran 100 orang terkaya tidak peduli nilai-nilai apa yang ia langgar untuk mendapatkan status tersebut. Mereka yang naik porche akan lebih dihargai dan dianggap lebih berbahagia daripada mereka yang hanya naik angkutan umum, padahal kenyataanya belum tentu demikian.

Harga adalah seeret angka yang ditetapkan oleh masyarakat, tetapi nilai adalah sesuatu yang tertanam dalam diri orang tersebut. Uang, jabatan, kekuasaan itu berharga, tetapi kejujuran, kesetiaan, kebaikan, cinta kasih, itu sesuatu yang bernilai. Tidak perlu mengejar label harga anda, tetapi jadilah seseorang yang bernilai dihadapan Tuhan dan sesamamu manusia.


"Nowadays people know the price of everything and the value of nothing" - Oscar Wilde

Dari bacaan diatas yang cukup singkat, kita sering kali berfokus terhadap apa kata orang terhadap kita (harga) sampai akhirnya kita tersesat dengan sosok yang sepertinya bukan anda. Tetapi dengan nilai yang anda miliki itu menunjukan kualitas anda sebagai manusia. Sekian artikel yang saya comot dari sebuah pesan dari keluarga saya semoga dapat bermanfaat untuk orang banyak. Terimakasih pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar